125 Pantun 2 Baris Pendek : Cinta, Jenaka, Agama, Romantis

Pantun 2 baris biasanya akan digunakan sebagai bahan hiburan dan guyonan untuk sebagian besar orang. Mereka yang sering berkumpul dengan teman-teman kerap kali menggunakan pantun seperti ini untuk menjadikan suasana menjadi lebih berkesan dan cair.

Bagi Kamu yang belum tahu, pantun sendiri adalah sebuah karya sastra dari Melayu yang umumnya terdiri dari 4 baris. Dua bait pertama adalah sampiran sementara dua baris kedua berikutnya yakni merupakan isi. Banyak orang sudah menganggap bahwa pantun ini kuno dan ketinggalan zaman.

Padahal di zaman modern seperti ini, beberapa orang memilih untuk menggunakan pantun karena menganggap bahwa pantun masih saja eksis. Tidak sedikit dari mereka menjadikannya sebagai hiburan dari para publik figur. Tentunya Kamu juga masih sering mendengarkan acara saling berbalas pantun.

Contoh Pantun 2 Baris

contoh pantun 2 baris
contoh pantun 2 baris

Berikut ini adalah contoh pantun 2 baris dengan berbagai tema yang bisa Kamu jadikan sebagai contohnya. Ada beragam topik yang dapat dipilih untuk menulisnya. Jadi Kamu dapat menyesuaikan dengan isi yang akan disampaikan.

Ada banyak jenis pantun 2 baris yang dapat Kamu buat, mulai dari pantun anak-anak, agama, romantis sampai jenaka. Khusus untuk jenis pantun terakhir, gunakan saja sebagai sarana hiburan seperti menghibur teman yang sedih.

1. Tentara barbar bawa merica
Apa kabar para pembaca?

2. Merica dimakan ular berbisa
Moga semuanya sehat sentosa.

3. Ular coklat di pohon zaitun
Jika sehat marilah berpantun.

4. Zaitun merah tumbuh sekuntum
Pantun dibuka dengan assalamualaikum.

5. Api membara berwana merah
Hari menjelang begitu cerah.

6. Ke kali membawa serbuk
Met pagi warga Facebook.

7. Ruang tamu sangatlah lebar
Dekat kamu dadaku berdebar.

8. Makan mentimun sama madu
Aku melamun karena rindu.

9. Ikan hiu makan kubis
I love you tapi tak digubris.

10. Satu tambah satu sama dengan dua
Aku sama kamu cinta sampai tua.

11. Dua tiga belanjanya nyicil
Banyak belajar di masa kecil.

12. Ada ranjau di tepi bakau
Yang baju hijau bikin terpukau.

13. Pohon randu di buat peti
Hatiku rindu setengah mati.

14. Beli duku di kota Mekah
Hai cintaku kapan kita nikah?

15. Buah durian di dalam sedan
Cinta dipendam, sakit di badan.

16. Kuda pergi membawa papan
Selamat pagi orang-orang tampan.

17. Baca koran di tengah persawahan
Nggak usah pacaran, mending nikahan.

18. Kembang sepatu berbau wangi
Cinta suciku seindah pelangi.

19. Rakit hulu dari kelapa
Sakit rindu obatnya apa?

20. Buluh bambu dibuat anyaman
Kutunggu kamu sepanjang zaman.

21. Buah kemumu dimakan ikan
Senyumanmu tak bisa kulupakan.

22. Baju robek harus dijarit
Senyum manismu buatku menjerit.

23. Pohon jati berbuah manggis
Kuatkan hati jangan menangis.

24. Main gitar, petiklah senar
Matamu berbinar, hatiku bersinar.

25. Padi ilalang di bawah gerbong
Jadi orang janganlah sombong.

26. Anak raja berebut tahta
Janganlah suka berkata dusta.

27. Dua sepatu bentuknya persegi
Cintaku satu tak terbagi-bagi.

28. Ke Mamaju jualan celana
Canda tawamu buatku terlena.

29. Hujan jatuh kena kemeja
Lembut hatimu ku puja-puja.

30. Adik Ayu petik selasih
I love you kasih…

31. Jarum suntik buat rematik
Yang baju batik penuh karismatik.

32. Tong kosong nyaring bunyinya
Kalo hatimu kosong, bolehkah aku mengisinya?

33. Jualan motor, mereknya Karisma
Hanya kamu yang bikin terkesima.

34. Burung elang, burung cendrawasih
Jangan bimbang, percayalah kasih.

35. Banyak pegulat membawa sikat
Yang baju coklat orangnya memikat.

36. Jalan-jalan ke Pariaman
Mari kita kuatkan iman.

37. Akuarium tempat ikan
Assalamualaikum saya ucapkan!

38. Naik rakit, membeli jamu
Lagi sakit, obatnya cuma kamu.

39. Baca gurindam, Raja Selatan
Cinta dipendam, sakit di badan.

40. Mbak jamu baca berita
Cuma kamu yang aku cinta.

41. Di atas podium ada awan
Assalamualaikum.., Kawan!

42. Di depan butik jual asinan
Nona cantik, yuk ke pelaminan.

43. Beli duren ke Irian Jaya
Emang di sini tidak ada ya?

44. Tanam sorgum daunnya lebat
Assalamualaikum.., Sobat!

45. Dua tiga gunting kuku
Jangan malas membaca buku.

46. Ada unta di gurun sahara
Ku punya cinta makin membara.

47. Kuda sembrani, larinya kencang
Kalau berani, nyatain dong sekarang.

48. Ikan hiu makan margarin
I love you, tapi dianggurin.

49. Buah tomat dibuat jamuan
Semoga selamat sampai tujuan.

50. Bahan diramu di atas angin
Deket dirimu bikin panas dingin.

51. Rumah tamu di tengah lalang
Ketemu kamu, stressku hilang.

52. Baju merah punya Mang Oding
Janganlah marah, just kidding!

53. Mata belo, ala komedian
Gue sama elo maunya jadian.

54. Pohon waru di lereng Semuru
Yang baju biru orangnya seru.

55. Beli ketan, beli kain songket.
Biar udah mantan, kita tetep lengket.

56. Bambu dirakit di atas kelapa
Aku sakit ingin berjumpa.

57. Naik onta melihat rusa
Ku jatuh cinta berjuta rasa.

58. Ikan hiu matanya rabun
I love you sampe ke ubun-ubun.

59. Buah kelapa rasa alpukat
Pertama jumpa, cinta pun melekat.

60. Bapak merangkum cara sembahyang
Assalamualaikum.., Sayang!

61. Membaca koran berita Pak Hotman
Jadikan Al Quran sebagai pedoman.

62. Katak dungu mencari tungu
Yang baju ungu bikin termangu.

63. Minum jamu di pinggir kali
Deket kamu nyaman sekali.

64. Dapet kado isinya tomat
Gue mah bodo amat!

65. Adik kecil duduknya anteng
Kalau burik, jangan sok ganteng.

66. Mata lentik karena kosmetik
Yang baju batik sungguh romantik.

67. Minum jamu rasanya kecut
Lihat kamu, langsung terpincut.

68. Ikan hiu naik ayunan
I love you tujuh turunan.

69. Batu bata ditutup kain
Kalau cinta, buruan nikahin.

70. Minum jamu makan nangka
Lihat kamu langsung ku suka.

71. Aroma parfum dari kemarin
Assalamualaikum para hadirin!

72. Dengerin musik, hujan rintik-rintik
Muka lo burik sok cantik!

73. Odong odong bertalu talu
Kapang dong kita ke penghulu?

74. Buah kedondong dibuat jamu
Jangan berbohong pada hatimu.

75. Jual lipstik di kota Mekah
Nona cantik, yuk kita nikah.

76. Orang linglung terlihat sakau
Bibir manismu buat terpukau.

77. Toko butik depan diskotik
Yang baju batik wajahnya eksotik.

78. Burung puyuh di atas awan
Pesonamu sungguh menawan.

79. Rumah Prancis berjendela kaca
Salam manis buat yang baca.

80. Ikan hiu makan dinamit
Yuk kita merit…

81. Bapak datang membawa wadah
Kepada Allah kita ibadah.

82. Masuk kelambu hatinya sendu
Dengar suaramu makin ku rindu.

83. Ikan hiu dari Asia
I miss you tapi sia-sia.

84. Ikan hiu bawa koper
I love you forever.

85. Di kota Maluku dendangkan lagu
Seribu cintaku sedang menunggu.

86. Akar serabut bentuknya kerucut
Kulitmu lembut buat terpincut.

87. Dua tiga pergi ke Jawa
Besarkan hati lapangkan jiwa.

88. Dua tiga Brama Kumbara
Jauh dari Tuhan akan sengsara.

89. Bangku kotak di atas bedak
Cintaku banyak bakal meledak.

90. Baju rusak di atas mangga
Cintaku banyak tak terhingga.

91. Ikan tongkol untuk juragan
Kamu miss call, aku deg-degan.

92. Burung puyuh ekornya buntung
I love you tak terhitung.

93. Buah kedondong, buah jambu
Boleh dong, apel ke rumahmu.

94. Menebang pohon pakai parang
Cintaku kokoh bagai batu karang.

95. Buah kedongdong jatuh di jalan
Boleh dong kita kenalan.

96. Namanya penjahat, polisi jadi inceran
Bosan temen curhat, maunya pacaran.

97. Haus minum, badan pun segar
Kamu tersenyum hatiku bergetar.

98. Air cuka membuat mules
Tanggal tua dompetku ngenes.

99. Baju batik durian montong
Pertama lirik langsung cintrong.

100. Burung pipit di kota Sampit
Matamu berkedip, jantungku terjepit.

101. Punya ragi di atas loyang
Selamat pagi, pacarku sayang!

102. Dua tiga ke Tanjung Pinang
Orang beriman selalu tenang.

103. Perak perunggu tertimpa papan
Aku menunggumu sampai kapan?

104. Ikan hiu dibuat patung
I miss you tapi digantung.

105. Kerja belum badannya berpeluh
Kalau tersenyum hatiku luluh.

106. Batang berbuku dipanjat kera
Cinta suciku seluas samudera.

107. Mata belo, ala komedian
Gue sama elo maunya jadian.

108. Ruang praktikum terlihat bersih
Assalamualaikum.., Kasih!

109. Ikan hiu makan kubis
I love you nggak habis-habis.

110. Roti busuk dalam penjara
Hatiku tertusuk panah asmara.

111. Badan kaku rasanya ngilu
Ciumlah aku, kalau kau mau.

112. Beli martabak di Itali
Weeeee, kejauhan kali!

113. Masak di kamar tak mateng-mateng
Pingin dilamar sama si ganteng.

114. Hitam warnanya segumpal awan
Salam kerja para karyawan.

115. Memang keras tongkat baja
Selamat aktivitas selamat kerja.


Kumpulan pantun 2 baris di atas memang beragam sekali contohnya. Ada beberapa kumpulan pantun lucu yang bisa Kamu gunakan untuk menghibur orang-orang di sekitar. Tidak perlu panjang asalkan isi yang akan disampaikan bisa tersalurkan lewat isi pantun tersebut.

Pantun 2 baris ini juga bisa Kamu jadikan sebagai sarana untuk menghibur orang yang sedang galau maupun sedih. Dengan memberikan hiburan kepada orang-orang terdekat Kamu, tentunya mereka akan melupakan kesedihan yang mereka rasakan walaupun hanya sementara saja.

Cindy Amara

Cindy sangat menyukai kesenian terutama seni budaya dan seni sastra seperti sajak, syair, legenda daerah, pantun, dan puisi.

Leave a Comment